Alinea dan Gagasan Utama

Gagasan utama adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraph. Adapun peletakan gagasan utama pada suatu paragaf yaitu di awal kalimat, di akhir kalimat, atau di awal dan di akhir kalimat. Berikut beberapa sedikit contoh gagasan peletakan gagasan utama:


1. Gagasan Utama di Akhir Alinea

      1. Orang tua, siapa pun dia  janganlah menjajah anak. Sebaliknya anak patutlah selalu ingat hahwa sejahat-jahatnya orang tua, dia tidak akan sampai hati membunuh anak hanya karena haknya tidak dipenuhi oleh anak. Namun perlu sekali menyadari, bahwa orang tua selamanya menghendaki yang baik bagi anaknya, sekalipun harus diakui bahwa yang menurutnya baik itu, tidak selalu demikian menurut ukuran umum. Dengan demikian, yang perlu ialah bagaimana menciptakan cara terbaik untuk mencapai saling pengertian.

       2. Setiap orang dilahirkan dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga. Tak seorang pun yang tidak mengalami kehidupan di dalam keluarga. Pemeliharaan dan pembinaan seorang anak adalah perwujudan cinta kasih orang tua.

         3. Taman Bunga memiliki kursi taman yang sangat banyak. Tak heran jika selalu ramai pengunjung. Rumput yang hijau, pohon yang rindang dan lahan yang luas sangat menarik hati setiap orang untuk berkunjung kesana.Hal tersebut membuat pengunjung merasa nyaman untuk berlama-lama disana.

         4. Banyak yang mengatakan liburan adalah jalan-jalan ke luar rumah. Berpergian ke luar kota bahkan ke luar negeri sekalipun. Itu salah. Kita bisa melakukan aktifitas liburan di manapun kita berada. Karena liburan tidak harus mengeluarkan biaya dan mahal.

         5. Dengan menikmati liburan yang kita lakukan, secara tidak langsung kita sudah memanjakan badan dan pikiran kita dari hal-hal yang membuat jenuh. Percayalah, tidak selamanya liburan yang menghabiskan uang banyak dapat membuat kita bahagia. Karena kebahagian hanya tercipta di saat kita menikmati keadaan kita sekarang.

2. Gagasan Utama di Awal Alinea

     1. Komunikasi umumnya tampil dalam bentuknya yang informatif, edukatif dan persuasive. Maksudnya, komunikasi biasa digunakan orang untuk menyampaikan pesan, mendidik, atau mempengaruhi persepsi lawan bicara sehingga terbentuk sikap dan bahkan opini baru.

          2.  Hiburan merupakan salah satu hal yang diperlukan oleh mahasiswa di tengah-tengah kesibukan mereka dalam mengerjakan tugas. Otak akan istirahat sejenak dan perasaan jenuh akan segera hilang bila diselingi hiburan. Terlalu fokus terhadap tugas pun tidak terlalu baik untuk pikiran dan kondisi jiwa. Hal tersebut dapat berpengaruh pada kemampuan berpikir setiap mahasiswa sehingga kualitas dalam mengerjakan tugas pun ikut terpengaruh.

       3. Perjalananku ke Amuntai benar-benar berkesan. Oleh sebab itu, selama dalam perjalanan aku tidak merasa lelah. Setelah sampai di rumah, kelelahan itu baru terasa. Aku pun ingin istirahat.


        4. Kualitas udara di Beijing yang dinilai kurang bersih dapat merugikan kondisi tubuh atlet. Keadaan ini terjadi akibat polusi yang dihasilkan 3,5 juta kendaraan yang beroperasi di jalan-jalan dan menutup sebagian industri di Beijing. Keadaan ini dapat mempengaruhi permainan para atlet dalam olimpiade. Keluhan tentang kondisi udara Beijing dan China disampaikan kepada para atlet berjaga-jaga, khususnya Haile Gebrselasie, pemecah rekor dunia marathon asal Ethopia, yang juga menderita asma.


      5. Sahabat tidak akan menjelek-jelekan sahabatnya sendiri. Mereka melindungi, bukannya memperkeruh keadaan. Ada saatnya mereka mengiyakan setiap ucapan yang kita dan mereka rasa benar. Tapi ada saatnya pula mereka menolah apa yang kita katakan. Hanya penjilat yang membenarkan semua perkataan kita padahal semua itu salah. Tapi hanya sahabat yang mengatakan salah jika itu memang salah walaupun terkadang menyakitkan. Namun mereka hanya mengatakan untuk kebaikan sahabatnya sendiri, bukan malah menjerumuskan.



3.    Gagasan Utama di Awal dan Akhir Alinea

      1. Belajar adalah kewajiban setiap siswaDengan rajin belajar, maka siswa akan dapat mudah memahami apa yang diajarkan oleh guru di sekolah. Bila apa yang diajarkan oleh guru dapat dipahami oleh setiap siswa, nilai yang diperoleh pun akan tinggi pula. Itulah dampak rajin belajar bagi siswa.

      2.  Koperasi merupakan badan usaha yang mengutamakan kesejahteraan ekonomi anggotanya.Mencari keuntungan besar tidak menjadi tujuan utamanya.Modalnya dikumpulkan dari anggotanya.Kegiatan usahanya juga dilakukan oleh anggotanya.Keuntungan yang diperoleh badab usaha ini juga diperuntukan bagi anggotanya.Oleh sebab itu,bila usaha ini dilakukan dengan baik dan jujur,koperasi ini betul-betul dapat mensejahterakan keadaan ekonomi anggotanya.


Itu lah beberapa contoh gagasan utama yang berbeda-beda peletakkannya. Terima Kasih :)
  
     

0 komentar:

Posting Komentar