Alinea-Alinea


Gagasan pokok merupakan pemikiran utama/ide dari sang penulis, biasanya terletak pada akhir, awal, atau akhir dan awal kalimat suatu alinea. Seperti lima contoh alinea gagasan pokok yang dapat dikembangkan di bawah ini: 

Sastra daerah sangat erat hubungannya dengan sastra nasional. Sastra daerah memiliki peran penting dalam terbentuknya sastra nasional. Dalam hal ini sastra daerah merupakan komponen-komponen pembentuk sastra nasional. Karena tanpa kehadiran sastra daerah, tidak mungkin sastra nasional terbentuk.

Manusia adalah makhluk yang membutuhkan satu sama lain. Manusia itu tidak dapat hidup sendiri di dunia ini. Manusia saling tolong menolong dalam kegiatan sehari-hari. Adanya sesama manusia dan prinsip kemanusiaan membuat kita melihat aspek fundamental lain, bahwa manusia itu makhluk sosial. 

Sebagai manusia kita perlu belajar dari pengalaman-pengalaman orang lain. Pengalaman buruk dapat membuat kita sadar betapa bodohnya kita bila melakukan hal yang mengakibatkan pengalaman buruk itu terulang. Pengalaman baik dapat membuat kita lebih sabar karena kita tahu kalau kita melakukan hal-hal baik itu kita sedikit demi sedikit akan mendapatkan kebaikkan di akhir nanti.

Seperti film Ayat-Ayat Cinta, saat Aisha merelakan Fahri menikahi Maria agar wanita itu bisa bersaksi di pengadilan dan menyelamatkan suaminya. Atau seperti Jack Dawson yang merelakan hidupnya demi Rose DeWitt Bukater dalam film Titanic. Ironis bukan, tapi itulah cinta. Cinta kasih yang sejati meminta korban. 

Tambahan penduduk yang melebihi tambahan produksi dapat menyebabkan tingkat kemakmuran menjadi berkurang. Semakin banyaknya penduduk maka tingkat kebutuhan akan semakin bertambah pula. Semakin bertambahnya penduduk juga mempersempit wilayah tempat produksi pemenuh kebutuhan. Produksi yang sedikit dalam penduduk yang banyak dapat menimbulkan pergejolakan sosial yang berakibat chaos.

0 komentar:

Posting Komentar