Merawat LCD Laptop agar awet dan tahan lama


Halo semua :D
saya ingin sedikit berbagi bagaimana cara merawat LCD Laptop agar awet dan tahan lama. Sebab LCD Laptop merupakan salah satu komponen laptop yang cukup mahal harganya apabila rusak dan ingin di ganti.  LCD laptop bisa rusak karena disebabkan banyak faktor, bisa karena faktor bawaan dari pabrik atau faktor manusia yang memperlakukan dan merawat dari LCD Laptop itu sendiri.

masalahan yang sangat sering dihadapi oleh pengguna laptop adalah LCD dengan tampilan bergaris, tampilan bergetar , warna kurang tajam, missing color , dot white, dot red. Berdasarkan pengalaman, kerusakan LCD laptop disebabkan oleh VGA module nya kurang baik secara kualitasnya. VGA module tersusun oleh VGA chipset, kabel flexibel, konektor flexibel ke LCD, konektor flexibel ke mainboard, dan inverter. Ini adalah kerusakan LCD laptop yang disebabkan oleh faktor bawaan dari pabrik pembuatannya.

Faktor lain penyebab kerusakan LCD laptop adalah karena penggunaan dan cara merawat LCD laptop yang kurang benar. Laptop tidak sama dengan PC desktop yang lebih kuat dan tahan apabila kita nyalakan seharian. LCD Laptop maksimal 3jam hidup untuk pemakaian yang benar agar LCD awet dan tahan lama. Semakin lama laptop dinyalakan akan menyebabkan panas yang berlebihan di dalam laptop tersebuti walaupun sudah ada fasilitas pendinginan di dalam laptop. Hal ini disebabkan oleh ruang kosong yang lebih sempit jika dibandingkan dengan PC desktop biasa. Panas pada laptop inilah yang menyebabkan kerusakan pada laptop, yang salah satunya adalah LCD laptop yang rusak.

Cara merawat LCD laptop agar awet dan tahan lama adalah :
  • Jangan menggunakan laptop lebih dari 3 jam berturut-turut, matikan sekitar 10 menit, kemudian anda bisa menghidupkan kembali laptop anda. 
  • Bersihkan LCD laptop secara berkala dengan menggunakan cairan khusus pembersih LCD laptop(di toko biasanya 10rebu).
  • Untuk penggunaan dalam waktu lama,gunakan coolingpad yang berkualitas dan bagus.
  • Gunakan contrast dan brightness sedang pada pengaturan LCD laptop.
  • Atur LCD time off ketika laptop tidak digunakan di menu power option windows.
  • Membuka dan menutup LCD laptop dengan benar yaitu  dengan memegangnya dari kedua sisi kanan kirinya, bukan dari atasnya, karena di bagian atas ada blok yg rentan rusak.
itulah beberapa tips cara merawat LCD laptop agar awet dan tahan lama.

2 komentar:

Maskur mengatakan...

Terimakasih infonya
Salam

Maskur
menjual lcd laptop paling murah

D_denz79 mengatakan...

Nice info... btw mampir juga di blog ane

Posting Komentar