Soto Banjar Banjarmasin


Soto Banjar Banjarmasin

Soto Banjar?? Itu lah salah satu kuliner khas Banjarmasin,Kalimantan selatan.  Oktober 2011 saya mempunyai kesempatan mengunjungi Pulau Kalimantan , tepatnya Banjarmasin Kalimantan selatan. Saya pergi bersama ayah dan sepupu saya dari bandara soekarno hatta, setelah 1jam 40 menit  take off dari bandara soekarno hatta , akhirnya saya tiba di Bandar Udara Syamsuddin Noor . Lalu saya di jemput oleh rekan ayah saya untuk menuju hotel palm Banjarmasin untuk istirahat sejenak. Malam hari saya keluar hotel untuk sekedar jalan-jalan dan mencari makanan. Tak jauh dari hotel banyak pedagang yang menjual mirip nasi kucing, kenapa mirip? Karena sudah di buat ukuran nya (sudah di bungkus-bungkus)seperti nasi kucing umumnya . namun yang berbeda nasi kucing di Banjarmasin lebih banyak nasi nya , dan  nasi nya nasi kuning dengan pilihan mau pakai telur atau ayam, Harganya Rp.5000. Soal rasa lebih enak dari pada nasi kucing yang pernah saya makan.  Habis makan dan Sudah Kenyang, saya langsung balik ke hotel untuk tidur karena sudah larut malam.

Hari kedua saya di Banjarmasin, saya,ayah,dan sepupu saya di ajak oleh rekan ayah saya menuju Soto Banjar bang Amat yang berada di bawah jembatan.  Soto banjar bang amat ini berada tepat di tepian anak sungai martapura(Pengambangan).  Soto banjar bang amat ini lesehan , jadi sangat tepat untuk santai sambil bercengkrama dengan view sungai martapura yang terkadang ada perahu klotokl alu lalang.  Harga Soto Banjar bang amat mulai dari 15rb-25rb per porsi nya. Sebenernya banyak yang jual soto banjar, tapi yang terenak dan terkenal kata rekan ayah saya Cuma soto banjar bang amat ini.
Menu lainnya yang ada di Soto banjar bang amat ini , ada sate ayam yang harganya waktu saya beli 25rb/10tusuk. Rata-rata Sate di Banjarmasin mahal karena daging ayam disini cukup langka atau susah di dapat. Tapi sate nya besar-besar dan tentu saja enak. Untuk minuman di bang amat ada es jeruk, es the manis, coca cola dll dengan harga sama pada umumnya rumah makan.

Sebenarnya masih banyak kuliner banjarmasin yang saya cicipi, namun hanya ini yang bisa saya utarakan . Terima Kasih

0 komentar:

Posting Komentar