Makna RSS Feed di Website



Mungkin tidak semua orang tahu soal RSS feed. RSS Feed merupakan langkah dasar untuk pengunjung website atau blog untuk masuk dan berlangganan di situs tersebut dengan menggunakan halaman web, feed reader, atau email berlangganan. Postingan content baru akan otomatis dikirimkan dengan metode pelanggan sehingga pengguna yang sudah berlangganan situs tersebut dapat membaca posting baru dari topic favorit mereka ketika situs tersebut meng-update postingan content-nya. Pengguna dapat melihat content terbaru secara cepat tanpa harus masuk ke situs untuk melihat posting dan update terbaru.

RSS Feed
RSS merupakan kepanjangan dari Really Simple Syndication. RSS Feed merupakan tipe feed paling umum yang dibentuk dari format XML berbasis text. Content RSS feed akan dikirimkan ke RSS feed reader favorit. RSS feed reader berbasis web paling populer seperti contoh Google Reader atau Bloglines. Selain RSS feed, tipe feed populer lainnya seperti Atom, yang juga menggunakan format XML untuk mengirimkan feed.

Berlangganan (subscribing) feed sangat mudah dengan trik berikut ini :


Temukan RSS feed : Sebagian besar blog memiliki icon di area kanan atas atau bawah halaman dengan wanrna orange atau biru (Feedburner) atau tulisan RSS. Kebanyakan feed berada di http://www.example.com/feed sehingga coba tambahkan “/feed” (tanpa tanda petik) di bagian belakang alamat blog atau website. Untuk blogspot.com, coba tambahkan “/feeds/posts/default” di bagian akhir domain untuk menemukan feed.

Berlangganan RSS feed : Click icon feed dan kemudian masuk ke halaman feed. Pilih feed reader yang akan digunakan, bisa Google Reader, lalu pilih continue.

Membaca feed : Jika sudah berlangganan RSS feed, maka user akan diarahkan langsung ke RSS feed reader dari website yang dipilih dan bisa memulai membaca feed.

0 komentar:

Posting Komentar