Cara Berpikir

hmm tulisan yang akan saya tulis ini sebenarnya sudah pernah saya posting di rendi.ngeblogs.com , tapi karena  ngeblogs.com servernya sedang mengalami gangguan, terpaksa saya memposting lagi di blog baru saya ini..

"cara berpikir"??? itulah sebagian wawasan dan pengetahuan yang saya peroleh dari kawan saya ketika sharing-sharing di malam hari. hmm okeh langsung saja ,

cara berpikir ada 3 :
    1. cara berpikir mistis
    2. cara berpikir ilmiah
    3. cara berpikir kritis

1. cara berpikir mistis : cara berpikir yang percaya saja apa kata orang tanpa mengetahui kebenaran/fakta nya, ini lah cara berpikir kebanyakan masayarakat indonesia yang menurut saya BODOH!!! cara berpikir ini juga yang menurut saya, membuat bangsa ini gampang terprovokasi.
        -contoh cara berpikir mistis : saya bilang kepada anda bahwa rasa garam itu manis, lalu tanpa anda mengetahui kebenarannya ,anda berkata kepada orang lain bahwa rasa garam itu manis. nah disini tidak ada fakta bahwa rasa garam itu benar manis!!!

2. cara berpikir ilmiah : cara berpikir yang tidak mudah percaya terhadap perkataan orang tanpa mengatahui kebenaran/fakta nya secara langsung dengan merasakan,melihat. Ini merupakan cara berpikir yang bagus, karena dapat membuat kita lebih mengeksplorasi pengetahuan kita dan masi banyak lagi manfaat dari cara berpikir ini.
         -contoh cara berpikir ilmiah : saya bilang kepada anda bahwa rasa garam itu manis! lalu anda mencari tahu, apakah rasa garam itu benar manis adanya dengan mencobanya sebelum memberitahu orang lain.. nah di sini anda  mencari fakta bahwa benarkah rasa garam itu manis?? ini sangat bagus..

3. cara berpikir kritis : cara berpikir paling bagus di banding dengan dua cara bepikir diatas. Cara berpikir ini membuat anda tidak hanya sekedar mencari tahu kebenaran(fakta)nya, tapi lebih dalam lagi dan lebih mendetail dengan 4w+1h(what,why,when,who+how).

saya berharap, masyarakat indonesia bisa menggunakan cara berpikir kritis :D

sekian saya ngantuk ,, ehehehe
Read More

Speech Recoqnition

Hahaha mungkin tidak banyak yang tahu tentang speech recoqnition, contoh nya teman saya yang  tidak tahu apa itu speech recoqnition dan untuk apa kegunaan speech recoqnition itu..

Tapi tenang saja, saya akan memberitahu apa itu speech recoqnition dengan pengetahuan saya seadanya  :D..


Speech recoqnition itu merupakan teknologi pengenalan suara yg memungkinkan  pengguna nya  mengontrol computer/laptopnya dengan suara ( canggih kan) . Prosesnya ketika anda berbicara,aplikasi speech recoqnition secara pintar akan memilih , apakah suara tersebut akan di konversi ke teks atau merupakan sebuah perintah untuk melakukan suatu aksi.

Contoh: - Suara akan di konversi kan ke teks  jika kita mendiktekan/menulis di MS.Word atau notepad. Jadi dengan  Speech recoqnition kita tidak perlu mengetik di keyboard untuk membuat dokumen (haha kaga pegel, cukup berbicara saja).. tapi tentunya dokumen dengan bahasa inggris, karena sepengetahuan saya Speech recoqnition belum ada untuk bahasa Indonesia..

-Suara akan di konversi menjadi sebuah perintah untuk melakukan aksi,contoh nya.. untuk menjalan kan windows media player anda cukup mengucapkan : “start”, lalu ucapkan “open windows media player” .. alhasil windows media player akan terbuka hanya dengan suara kita tanpa pegang mouse… jika kalian ingin membuka aplikasi yang lain , tinggal coba-coba saja sendiri!! Hehe..

Keuntungan speech recoqnitoin :
 1. Seperti yang tadi saya bilang,Kita dapat mengontrol computer/laptop menggunakan suara.
 2. Membuat dokumen secara efisien dengan menggunakan suara.
 3. Dan pokonya everything menggunakan suara deh.

Kekurangan nya :
 1. Harus menggunakan bahasa inggris.
 2. Artikulasi kita harus jelas (emang susah sih, apalagi harus berbahasa inggris.)
 3. Cari sendiri yaa kekurangan yg laen, hehe saya cm tahu segitu.

Yaa itu saja pengetahuan saya tentang speech recoqnition. Mohon maaf kl ada kesalahan kata :D
Read More

Konflik organisasi dan penyelasaiannya

Tidak bisa di pungkiri konflik di dalam suatu organisasi pasti ada, maka dari itu saya ingin membahas konflik organisasi dan penyelesaiannya.

Pengertian Konflik menurut.

Robbins (1996) dalam “Organization Behavior”
menjelaskan bahwa konflik adalah suatu proses interaksi yang terjadi akibat adanya ketidaksesuaian antara dua pendapat (sudut pandang) yang berpengaruh atas pihak-pihak yang terlibat baik pengaruh positif maupun pengaruh negative.

Perbedaan pendapat tidak selalu berarti perbedaan keinginan. Oleh karena konflik bersumber pada keinginan, maka perbedaan pendapat tidak selalu berarti konflik. Persaingan sangat erat hubungannya denga konflik karena dalam persaingan beberapa pihak menginginkan hal yang sama tetapi hanya satu yang mungkin mendapatkannya. Persaingan tidak sama dengan konflik namun mudah menjurus keaarah konflik, terutuma bila ada persaingan yang menggunakan cara-cara yang bertentengan dengan aturan yang disepakati. Permusuhan bukanlah konflik karena orang yang terlibat konflik bisa saja tidak memiliki rasa permusuhan. Sebaliknya orang yang saling bermusuhan bisa saja tidak berada dalam keadaan konflik. Konflik sendiri tidak selalu harus dihindari karena tidak selalu negatif akibatnya. Berbagai konflik yang ringan dan dapat dikendalikan (dikenal dan ditanggulangi) dapat berakibat positif bagi mereka yang terlibat maupun bagi organisasi.

Jenis-jenis Konflik :
a. Konflik peranan yang terjadi didalam diri  seseorang (person-role conflict)
b. Konflik antar peranan (inter-role conflict)
c. Konflik yang timbul karena seseorang harus memenuhi harapan beberapa orang (intesender conflict)
d. Konflik yang timbul karena disampaikannya informasi yang  saling bertentangan (intrasender conflict)

Konflik juga dapat dibedakan menurut pihak-pihak yang saling bertentangan. Atas dasar hal ini , ada 5 jenis
konflik , yaitu :
a. Konflik dalam diri individu.
b. Konflik antar individu.
c. Konflik antar individu dan kelompok.
d. Konflik antar kelompok dalam organisasi yang sama.
e. Konflik antar organisasi

banyak sebab mengapa dan kenapa konflik bisa terjadi, ini sebab-sebabnya :
 1. Persaingan terhadap sumber-sumber daya yg langka
 2. Ketergantungan tugas (interdependence)
 3. Kekaburan batas-batas bidang kerja
 4. Kriteria kinerja yg tidak sesuai
 5. Perbedaan-perbedaan Tujuan & Prioritas

Dalam padangan modern ini konflik sebenarnya dapat memberikan manfaat yang banyak bagi organisasi. Sebagai contoh pengembangan konflik yang positif dapat digunakan sebagai ajang adu pendapat, sehingga organisasi bisa memperoleh
pendapat-pendapat yang sudah tersaring.

Seorang pimpinan suatu organisasi pernah menerapkan apa yang disebutnya dengan “mitra tinju” Pada saat ada suatu kebijakan yang hendak diterapkannya di organisasi yang dipimpinnya ia mencoba untuk mencari “mitra yang beroposisi dengannya”. Kadang konflik pun terjadi. Apakah itu menjadi persoalan bagi dirinya ?
“Bagi saya hal itu menjadi hal yang positif, karena saya dapat melihat kebijakan yang dibuat tersebut dari sisi lain. Saya dapat mengidentifikasi kemungkinan kelemahan yang ada dari situ. Selama kita masih bisa mentolerir dan dapat mengendalikan konflik tersebut ke arah yang baik, hal itu tidak menjadi masalah”, ujarnya

Ada beberapa cara untuk menangani konflik antara lain :

1. KONSENSUS, sengaja dipertemukan untuk mencapai solusi terbaik, bukan hanya menyelesaikan masalah dengan cepat

2. Mengevaluasi pihak-pihak yang terlibat.
Sangat penting bagi kita untuk mengetahui pihak-pihak yang terlibat. Kita dapat mengidentifikasi kepentingan apa saja yang mereka miliki, bagaimana nilai dan sikap mereka atas konflik tersebut dan apa perasaan mereka atas terjadinya konflik. Kesempatan kita untuk sukses dalam menangani konflik semakin besar jika kita meliha konflik yang terjadi dari semua sudut pandang.

3. KONFRONTASI, tiap fihak mengemukakan pandangan masing-masing secara langsung & terbuka.

4. Identifikasi sumber konflik
Seperti dituliskan di atas, konflik tidak muncul begitu saja. Sumber konflik sebaiknya dapat teridentifikasi sehingga sasaran penanganannya lebih terarah kepada sebab konflik.

5. Introspeksi diri
 Bagaiman kita biasanya menghadapi konflik ? Gaya pa yang biasanya digunakan? Apa saja yang menjadi dasar dan persepsi kita. Hal ini penting untuk dilakukan sehingga kita dapat mengukur kekuatan kita.

6. PENENTU TUJUAN, menentukan tujuan akhir kedepan yang lebih tinggi dengan kesepakatan bersama.

7. Mengetahui pilihan penyelesaian atau penanganan konflik yang ada dan memilih yang tepat.
Read More

Blog baru saya di sini :)

Arggggg , ngeblogs.com kaga bisa dibuka!!! padahal blog gw di situ udah banyak banget tulisannya..trus blog gw juga menang lomba blog dikampus gw,hadiahnya lumayan dapet domain GRATIS haha...

tapi apa boleh buat, karena ngeblogs.com kaga bisa dibuka, yaa sudahlah saya buat baru di wordpress :)
Read More

arti pentingnya "organisasi"

Jika kita berbicara tentang organisasi, maka organisasi sangat berhubungan erat dengan manajemen. Karena Manajemen adalah Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia, sedangkan Organisasi Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokan. Organisasi merupakan sebagai alat dari manajemen untuk mencapai suatu tujuan. Manajemen menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.  Dengan organisasi seseorang yang mempunyai suatu  tujuan, dapat mencapai tujuannya tersebut dengan cepat,di karenakan adanya kerja sama antar umat manusia/sekelompok individu yang mempunyai tujuan yang sama.

manfaat organisasi :
 1. dapat menyalurkan aspirasi kita
 2. dapat teman baru
 3. membantu orang
 4. tercapai nya tujuan kita

Di era modern sekarang ini,organisasi mempunyai peran yang sangat penting dalam membantu kehuidupan bermasyarakat.

ada pun Ciri-ciri Organisasi Modern :
 1. Organisasi bertambah besar
 2. Pengolahan data semakin cepat
 3. Penggunaan staf lebih intensif
 4. Kecendrungan spesialisasi
 5. Adanya prinsip-prinsip atau azas-azas organisasi
 6. Unsur-unsur organisasi lebih lengkap

Unsur-unsur organisasi :
 1. Manusia (Man)
 2. Kerjasama
 3. Tujuan Bersama
 4. Peralatan (Equipment)
 5. Lingkungan
 6. Kekayaan alam 
 7. Kerangka/Konstruksi Mental Organisasi

Teori Organisasi Modern menjelaskan semua unsur organisasi sebagai satu kesatuan & saling ketergantungan. Jadi bisa di interpretasikan  semua unsur harus saling mendukung agar tercapai nya suatu tujuan.

Macam-macam organisasi

Organisasi Niaga

Organisasi Niaga ialah Organisasi yang tujuan utamanya mencari keuntungan.

Macam-macam Organisasi Niaga
 1. Perseroan Terbatas (PT)
 2. Perseroan Komanditer (CV)
 3. Firma (FA)
 4. Koperasi
 5. Join Ventura
 6. Trus
 7. Kontel
 8. Holding Company

Organisasi Sosial (Orgs. Kemasyarakatan)

Organisasi Sosial ialah Organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat.
Jalur pembentukan organisasi Kemasyarakatan
 1. Jalur Keagamaan
 2. Jalur Profesi
 3. Jalur Kepemudaan
 4. Jalur Kemahasiswaan
 5. Jalur Kepartaian & Kekaryaan

Organisasi Regional & International

Organisasi Regional merupakan organisasi yang luas wilayahnya meliputi beberapa negara tertentu saja.
Organisasi Internasional merupakan organisasi yang anggota-anggotanya meliputi negara di dunia.

Sebenarnya ada berbagai macam organisasi, tergantung dari segi memandangnya. macam organisasi dapat dilihat dari berbagai segi,  yaitu dari jumlah puncak pimpinan,  segi keresmian, segi tujuan, segi luas wilayah, segi sosial, dan segi bentuk.

      "dari tulisan saya diatas,kesimpulannya organisasi sangat penting untuk membantu kita mencapai tujuan kita. dan organisasi mempunyai banyak manfaat.
Read More